Pemateri : Kurniawan Muhamad
Jawa Pos berdiri sejak tahun 1980-an. Kemudian membuat 7(Tujuh) Radar di Jawa Timur ketika diberlakukan Otonomi daerah. 7 Radar tersebut antara lain :
Selain itu, Radar Malang juga memiliki Bisnis lain seperti :
Radar Malang menjunjung dua ideologi, yaitu :
Tantangan yang di hadapi Radar Malang seperti :
Jawa Pos berdiri sejak tahun 1980-an. Kemudian membuat 7(Tujuh) Radar di Jawa Timur ketika diberlakukan Otonomi daerah. 7 Radar tersebut antara lain :
- Malang
- Kediri
- Jember
- Bromo
- Madiun
- Bali
- Madura
- Banyuwangi
- Surabaya
- Tulungagung
- Probolinggo
- Pasuruan
Selain itu, Radar Malang juga memiliki Bisnis lain seperti :
- Hotel News
- Adiprima Suraprinta (Pabrik Kertas)
- Percetakan
- Power Plant
Radar Malang menjunjung dua ideologi, yaitu :
- Idealis = News (Kepentingan dan Keinginan Publik)
- Bisnis = Iklan (Kepentingan dan Keinginan Klien)
Tantangan yang di hadapi Radar Malang seperti :
- Gempuran media sosial, online.
- Live style berubah.
- Perubahan demografis (tren)
- Strategi Konten Pola pemberitaan lebih Indepth, Investigative, dan Blow up
- Membuat Online Berbasis Print
Berita cetak mengait di online, dan sebaliknya. Online tidak boleh membunuh berita cetak.
- Dekat Dengan Pembaca
News harus menjadi bagian dari solusi setiap persoalan yang ada di masyarakat.
- Menggaet Minat Pembaca Muda
Mengenalkan koran pada generasi baru untuk regenerasi pembaca.
- Menggaet Komunikasi, Keluarga, Perempuan
Mengenalkan koran lewat keluarga melalui komunikasi.
- Selalu Berada Dalam "Alam Bawah Sadar" Pembaca
Brand Radar Malang harus terus-menerus tampil ke publik.
- Redaksi
- Iklan
- Koran, Event, dan Pengembangan Bisnis
- Keuangan
- HRD dan Umum.
- Penentuan Pasar.Segmentation, Targeting, and Positioning
- Perencanaan Produk.Peduli packaging, produk yang bisa di butuhkan pelanggan
- Manajemen Harga.Menentukan harga psikologis koran.
- Distribusi.Percetakan - Ekspedisi - Agen - Sub Agen - Striker - Pelanggan
- Promosi dan Komunikasi
- Promosi by product
- Promosi by customer satisfaction
- Promosi by recognition
0 komentar:
Posting Komentar